TIPS BERHUBUNGAN BAIK DENGAN DOSEN

Standard

TIPS JITU MAHASISWA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN DOSEN


Dosen adalah staf pengajar di perguruan tinggi yang mana akan membawa mahasiswa pada keilmuan yang berlandaskan standar kopetensi tentunya telah di canangkan oleh Dirjen DIKTI. Namun nyatanya sebaik apapun mahasiswa belajar sebagaimana yang mereka usahakan untuk lebih baik, tetap saja terkadang dalam mata kuliah tertentu mereka mendapatkan hasil yang tidak sesuai.
Hasil yang tidak memuaskan tersebut ternyata bisa disebabkan karena penilaian sepihak dari sang dosen terhadap hasil karya mahasiswanya. Bisa juga penilaian tersebut bersifat kurang Objektif alias memandang hasil kerja mahasiswa karena tingkat kedekatannya dengan si dosen itu sendiri.
Sangatlah percuma jika hasil kerja keras mahsiswa dengan penuh perjuangannya ternyata mendapatkan hasil yang sepadan. Juga malahan mendapatkan nilai yang tidak adil di mata mereka.
Hal tersebut diatas bisa di tanggulangi dengan beberapa kiat praktis menghadapi dosen killer  tersebut.   
  1. Usahakan Jangan Berbuat Ulah yang tidak Penting.
Jika mahasiswa ingin protes silahkan saja, itu adalah hak semua mahasiswa. Tapi usahakan gunakan cara yang lebih baik. Gunakan pikiran yang rasional untuk mengajukan protes atau perasaan tidak memuaskan tersebut. Gunakan bahasa yang sopan dan santun walaupun dalam kondisi emosi yang tidak stabil.
Lain di rumah lain juga di sekolah, kebiasaan diluar kampus sebaiknya di tahan dulu. Jika anda seorang yang tempramen atau orang yang mudah marah atau juga anda adalah orang yang labil di segi emosi lebih baik anda diam dari pada anda akan berbuat ulah yang sama sekali tidak penting dan tidak ada gunanya.
2.    Tidak Ada Salahnya Meminta Maaf
Jika hal diatas atau hal yang tidak dinginkan terlanjur terjadi maka jangan segan untuk meminta maaf. Jangan malu atau merasa harga diri terinjak-injak saat meminta maaf, toh kalo anda tidak lulus atau gagal menjalani perkuliahan itu bisa lebih parah lagi. Tenang saja jika anda mendendam sebaiknya simpan dulu, masih ada hari esok untuk membalasnya. Untuk saat ini buatlah langkah anda lebih lancer dan lebih baik dengan meminta maaf.
3.    Memberi Bukan Berarti Suap
Jangan salah tanggap dulu jika mahasiswa memberi sesuatu pada dosen dikatakan menyuap. Nyatanya dengan cara ini banyak mahasiswa yang tadinya putus asa akhirnya lulus juga dan keluar dari masa kritis. Jika anda seorang yang idealis pemberian kepada dosen bisa anda asumsikan sebuah pemberian yang sewajarnya tanpa iming-iming apapun. Anda bisa member sesuatu barang pada dosen dengan maksud mendekatkan diri pada hubungan yang lebih akrab. Anggap saja kunjungan ke rumah si Dosen sebagai mata kuliah tambahan dan pemberian tersebut adalah balas jasa karena telah mengajar di luar kampus.
Dengan cara ini kemungkinan anda akan berhasil, karena sudah terbukti cara ini sangat efektif menghadapi dosen model apapun. Baik itu dosen egois, dosen narsis, dosen dosen so artis, dosen so manis dan dosen puitis ternyata bisa luluh juga dengan cara demikian.
4.    Bertanyalah apa yang di Inginkan Dosen
Pertanyaan yang dimaksudkan diatas bertujuan agar kita mengerti apa yang diharapkan dosen dari mahasiswanya. Jangan lupa tanyakan dulu bagaimana komitmen atau pola mengajar si dosen saat memulai perkuliahan.
Dengan demikian kita akan spontan ikut dalam koridor system yang sudah di terapkan oleh si dosen hingga kita terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.
SEBAGAI MAHASISWA WAJIB MENGHORMATI DOSENNYA APAPUN KEADAANNYA MAU DIA BAIK,KILLER KITA HARUS SAYANG PADA MEREKA………DAN CIPTAKAN RASA SALING MENYAYANGI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA.AMIIIIN
TIPS MENGATASI EGOIS DIRI SENDIRI
  • Jangan suka berpikiran negatif atau buruk sangka terhadap orang lain.
  • jangan suka membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  • hilangkan sikap reaktif terhadap berbagai masalah.
  • kembangkan pikiran positif dalam berbagai hal.
  • kembangkan empati  terhadap orang lain.
  • kembangkan sikap melayani dan mendahulukan kepentingan orang lain.
  • biasakan diri untuk tersenyum.(disangka gila) hehehe
  • ikhlas.
  • TAPIIIIIIIIIIIII…………….
  • Kenyataan di lapangan banyak orang dengan mudah menghakimi orang lain itu dengan perkataan”eh….kae wong  egois yo…”
  • tapi menurut aku orang yang egois adalah orang yang dengan mudah mengatakan orang lain itu egois…..dialah malah orang yang paling egois di muka bumi  ini karena dia merasa dirinya lah yang benar orang lain yang salah,dia cenderung mengatakan orang lain egois krn tidak bolo sama dia tidak satu pemikiran ma dia jd beranggapan semua orang yang tidak sepaham ma dia itu egois,ataupun orang yang tidak menguntungkan dirinya itu egois.
  • orang seperti itu selalu berpikiran negatif terhadap orang lain tanpa mau mencari kebenarannya terlebih dahulu lagsg dengan mudah menghakimi….tanpa mau menyadari dan introspeksi dirinya sendiri klo dirinyalah orang yang paling egois.namanya juga manusia mudah sekali untuk menjelek jelekkan orang lain walaupun tidak sesuai kenyataannya dia seakan akan tidak mau mengakui keunggulan orang lain bisanya cuma mencela orang lain.Hanya ego mereka yang mereka pikirkan tanpa meperdulikan perasaan orang lain yang dihakimi egois apakah dia tersinggung atau tidak ……adakah menyakiti perasaan orang lain atau tidak.Seolah olah dialah orang yang paling benar di muka bumi ini orang lain yang salah orang lain yang egois padahal kenyataannya dia tidaklah lebih baik dari orang yang dicelanya….atau bahkan lebih buruk dari orang yang dicelanya.naudzubillahimindzalik……
  • oleh karena itu menurut saya lebih baik kita saling menghargai orang lain,saling menjaga perasaan antar sesama manusia,saling instropeksi diri masing2 ……jangan saling mencela dan menghakimi orang lain nanti ujung ujungnya fitnah.
  • marilah kita saling menjaga hati….karena di dunia ini tidak ada orang yang sempurna karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik ALLAH.
  • JANGANLAH SALING MENCELA, MENGHINA, MENGUMPAT,…..MENGATAKAN DIA EGOIS….. KARENA MUNGKIN DIBELAKANG SEMUA ITU KITA YANG DICELA DIHINA DIUMPAT DIKATAKAN EGOIS TAPI KARENA KITA TIDAK MAENYADARI ,KRN KEANGKUHAN  KITA MERASA BENAR JADI KITA TIDAK MENYADARINYA…….KRN BLM TENTU KITA ITU LEBIH BAIK DR DIA MGKN KITA LBH BURUK DR DIA……….KEMBANGKANLAH PIKIRAN POSITIP DALAM BERGAUL ANTAR SESAMA MANUSIA.
  • BAGAIMANA MENURUT ANDA…..??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s